Waspada Sikap Sombong Karena Ilmu - Belajar Islam Ahlussunnah

IѕlаmуPеrѕоnа. Mewaspadai Sikap аngkuh lаntаrаn іlmu. Assalamualaikum... Kita sebagai Thulabul 'ilmi atau penuntut ilmu , kadang kala merasa "lebih" ketimbang saudara-saudara kita yang "sepengetahuan" kita tidak ngаjі. Terkadang bahkan muncul dalam hati perasaan meremehkan orang lain bahwa dia tidak tahu apa-apa dibandingkan kita. Padahal apa yang kita peroleh ini semua dari Allah , andai Allah tidak memberinya pada kita , kita pun tidaklah berlainan dengan kerabat-saudara yang lain. Semua akan dipertanggungjawabkan. Kita berlindung terhadap Allah ta'ala dari sifat demikian.
ѕоmbоng

Wahb bin Munabbih berkata , “Sesungguhnya ilmu dapat membuat angkuh sebagaimana harta.”
Masruq berkata , “Cukuplah seseorang dibilang cerdik jika ilmu tersebut membuahkan rasa takut terhadap Allah . Sebaliknya , cukuplah seseorang dianggap udik tatkala membanggakan diri dengan ilmunya.”
Abu Wahb al-Marwazi berkata , “Aku bertanya kepada Ibnul Mubarak wacana keangkuhan. Beliau menjawab , ‘(Kesombongan) yakni engkau meremehkan dan merendahkan manusia.’ Kemudian saya bertanya kepadanya mengenai ujub (besar hati diri). Beliau pun menjawab , ‘(Ujub) ialah engkau menatap bahwa dirimu memiliki sesuatu yang tidak ada pada selainmu’.”

Ibnu Abdil Barr berkata , “Di antara adat seorang alim yang paling utama yakni bersikap rendah hati (tawadhu’) dan tidak ujub , yakni merasa angkuh , gembira , dan terkagum-kagum terhadap ilmu yang dimilikinya. Adab selanjutnya , ia berupaya menjauhi kecintaan akan kepemimpinan dengan sebab ilmunya.”
Al-Baihaqi berkata , “Ketahuilah , fondasi dari suatu kedudukan adalah bahagia tersebarnya reputasi , cinta kepopuleran , dan kemasyhuran , padahal itu merupakan ancaman yang sangat besar. Adapun keselamatan itu terdapat pada lawannya , yakni menjauhi kepopuleran.”

Para ulama tidak bertujuan mencari kemasyhuran. Tidak pula mereka menampakkan dan menawarkan diri untuk tujuan tersebut. Mereka juga tidak menempuh sebab-karena yang memberikan ke arah sana. Apabila ternyata kemasyhuran tersebut datang dari segi Allah , mereka berusaha melarikan diri darinya. Mereka lebih mengutamakan ketidaktenaran.
(an-Nubadz fi Adabi Thalabil Ilmi hlm. 185—186)‎

Demikian Artikel kali ini Mеwаѕраdаі Sіkар Sоmbоng Kаrеnа Ilmu Semoga berfaedah.


Itulah informasi Islam yang bisa kami bagikan, semoga dapat bermanfaat dan bisa dibagikan kepada teman atau saudara kalian.
Sumber http://islamypersona.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Waspada Sikap Sombong Karena Ilmu - Belajar Islam Ahlussunnah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan

Dapatkan Promonya

Iklan Bawah Artikel