Teknik Mengajarkan Islam dalam Pelajaran Umum (Bag.1) - Belajar Islam Ahlussunnah

IslamyPersona. Tеknіk Mеngаjаrkаn kоnѕер Iѕlаm kераdа Anаk dаlаm Pеlаjаrаn Umum
(IPA , IPS , Matematika , dll) Agar Mengenal Alloh -azza wa jalla-

mеngаjаr аnаk mеngеnаl Allаh Tа'аlа
Sebagai seorang muѕlіm sekaligus orangtua dan guru harusnya kita memahami ini. Bahwa pelajaran-pelajaran di rumah atau di sekolah , hendaknya mampu mendekatkan anak biar cinta kepada Alloh azza wa jalla. Karena dengan menanamkan kecintaan kepada-Nya , maka anak akan mencar ilmu mentauhidkan Alloh azza wa jalla , meminta derma terhadap-Nya , dan jauh dari kesyirikan. Pelajaran biasa di sekolah itu banyak , bisa matematika , fisika , kimia , biologi , atau dalam cakupan biasanya disebut IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Dan IPS pun juga ada. Kita ambil pola ,

A. Pеlаjаrаn IPA
Di dikala mengajarkan proses terjadinya Tsunami yang diawali dengan proses gempa  bumi , maka guru berkata , "Nak , ketika Alloh azza wa jalla memerintahkan gunung terjadi gempa , maka bergeraklah lempengan bumi..." Kemudian diterangkan kepada mereka bahwa semua yang terjadi sesuai dengan hasratAlloh dan tidak meleset sedikitpun baik daerah , waktu maupun skala petaka tersebut. Tidak lupa juga kita jelaskan bahwa itu semua mampu berarti cobaan , mampu mempunyai arti azab mampu juga perayaan. Insya Alloh , pelajaran ini akan memperlihatkan faedah bagi anak bahwa semua yang terjadi atas perintah-Nya.

Apalagi disertakan pelajaran bahwa kadang Alloh menguji hamba-Nya bersebab dari dosa dan maksiat. Begitu pula jika mengajarkan anak tentang proses terjadinya hujan , adanya garam , dll , hendaknya desain pembelajaran lebih mengena dalam konteks ketauhidan. Dan kita tidak lupa memberikan bahwa sebagian fenomena alam tersebut sudah Alloh jelaskan dalam Al Quran jauh sebelum para ilmuwan terbaru mengemukakan hasil penelitiannya. Saat berbicara perihal alat listrik , misalkan baterai yang menyalakan lampu yang makin usang , makin lemah dan alhasil mati. Dari sini guru bisa mendidik muridnya bahwa kehidupan pun demikian , suatu ketika kita yang hidup pun akan lemah dan akan mati. Sebesar apapun energi yang ada dalam suatu alat/bahan bahkan dalam seorang manusia suatu ketika energi itu akan habis. Bahkan matahari yang menjadi sumber energi tata surya kita akan demikian juga adanya. Semua lantaran Ketetapan Alloh azza wa jalla. Insya Alloh , akan terdapat nilai konkret dalam pendidikan seperti ini.

Bersambung , ke Mеngаjаrkаn Iѕlаm dаlаm Pеlаjаrаn Umum (Bаg.2).

Demikian Artikel kali ini Teknik Mеngаjаrkаn Iѕlаm dаlаm Pеlаjаrаn Umum (Bаg.1). Sеmоgа bеrgunа.
Itulah informasi Islam yang bisa kami bagikan, semoga dapat bermanfaat dan bisa dibagikan kepada teman atau saudara kalian.
Sumber http://islamypersona.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Teknik Mengajarkan Islam dalam Pelajaran Umum (Bag.1) - Belajar Islam Ahlussunnah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan

Dapatkan Promonya

Iklan Bawah Artikel